Sportz

Asian Games 2018 Indonesia Finish Di Urutan Keempat

Sebagai tuan rumah dari Asian Games 2018, Presiden Negara Republik Indonesia, Joko Widodo memprediksi bahwa Indonesia akan meraih lebih dari 16 medali emas di ajang Asian games 2018 dan akan menempati posisi 10 besar ketika ajang olimpiade ini selesai.

Prediksi itu akhirnya berbuah manis, dimana perolehan medali emas sudah berhasil terkumpul hampir 2 kali lipat yaitu sebanyak 31 medali, menyusul dengan 24 medali perak dan 43 medali perunggu. Total 98 medali tentu merupakan angka yang fantastis dan di luar dari ekspektasi banyak masyarakat Indonesia. Perolehan 98 medali ini juga menghantarkan Indonesia berdiri kokoh di urutan keempat.

Medali emas terbanyak berasal dari cabang olahraga Pencak Silat yang berhasil menyumbang 14 medali emas di tambah dengan 1 perunggu bagi Indonesia. Sebagai salah satu cabang olahraga yang paling mengharumkan nama bangsa Indonesia, Pencak Silat juga berhasil membuat momen besar yang mengharukan, dimana salah satu atlet peraih emas yaitu Hanifan Yudani Kusumah diberikan pelukan selamat oleh 2 figur besar Republik Indonesia yakni sang presiden Joko Widodo, dan ketua partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto ini sentak menjadi viral karena di tengah isu-isu pemilihan presiden 2019, mereka bersatu untuk terus mendukung Indonesia di momen Asian Games 2018 ini.

presiden jokowi dan prabowo subianto berpelukan

Cabang olahraga lain yang menuai prestasi adalah Sport Climbing. Indonesia berhasil menghantarkan 2 tim pria menuju babak final, yang artinya memastikan Indonesia mendapat medali emas dan perak. Ditambah dengan performa maksimal dari climber putri yaitu Aries Rahayu Susanti, membantu Indonesia menambahkan 2 medali emas dengan menang kompetisi tunggal dan tim wanita. Pada akhirnya, olahraga panjat tebing berhasil mengoleksi 3 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu, melebihi target semula yaitu 2 medali emas.

Tidak kalah membanggakan dan membuat detak jantung berdebar-debar karena keseruannya, atlit-atlit bulutangkis berhasil mengharumkan nama Indonesia kembali di kancah dunia dengan memperoleh 2 medali emas. Emas pertama berasal dari ganda pria yaitu pasangan yang terkenal dengan sebutan “Minions” yaitu pasangan Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya. Kabar menggembirakan bagi Indonesia adalah final ganda putra diikuti oleh tim Indonesia yang lainnya yakni Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Bertanding dengan serius dan sportif, pertandingan pun mencapai rubber set hingga harus mencapai deuce. Skor akhir 24-22 di babak rubber set menjadi milik Minions, sementara Fajar dan Rian harus mengapresiasi diri mereka karena telah finish di posisi kedua dan meraih medali perak.

Sementara medali emas lainnya didapatkan oleh Jonatan Cristie di tunggal putra. Berhadapan dengan finalis dari China Taipei Chou Tien Chen, Jonatan dipaksa bermain hingga mencapai rubber set. Di babak penentuan ini, Jonatan yang kerap dipanggil “Jojo” mendapat sorakan semangat di Stadion Gelora Bung Karno dan juga penonton dirumah sehingga babak ketiga dapat diselesaikan dengan skor 21-15. Setelah memastikan diri menjadi juara, Jojo melakukan selebrasi dengan melepas baju yang membuat kaum kaum hawa Indonesia berteriak kegirangan hingga sosial media ramai dengan momen kemenangannya.

jonathan christie memberi hormat

Dengan perolehan emas ini, bulu tangkis Indonesia yang beberapa tahun terakhir mengalami penurunan, perlahan bangkit menuju kembali ke puncak.

Sungguh luar biasa! Itulah bukti-bukti prestasi luar biasa yang telah ditorehkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Dengan total perolehan 98 medali, Indonesia berhasil finish menduduki posisi keempat dan mencapai posisi 5 besar! Sedangkan posisi 3 besar diduduki oleh China yang sungguh mendominasi dengan total 289 medali, Jepang 205 medali, dan Korea di urutan ketiga dengan 177 medali.

tabel perolehan medali emas perak dan perunggu indonesia

Selamat para atlit-atlit Indonesia karena telah bekerja keras mengharumkan nama bangsa dan membuat Indonesia bangga!